Over 10 years we helping companies reach their financial and branding goals. Onum is a values-driven SEO agency dedicated.

CONTACTS
Artikel

Tentang Jurusan Sistem Informasi: Pengertian, Jenis, dan Peluang Karir

Tentang Jurusan Sistem Informasi: Pengertian, Jenis, dan Peluang Karir

ITB Tuban – Jurusan Sistem Informasi adalah bidang studi yang menggabungkan manajemen dengan teknologi komputer. Berbeda dengan Teknik Informatika yang lebih menitikberatkan pada algoritma komputasi, Jurusan Sistem Informasi lebih fokus pada perancangan, pengembangan, dan implementasi sistem informasi dalam sebuah organisasi. Mahasiswa Jurusan Sistem Informasi mempelajari cara mengidentifikasi kebutuhan perusahaan dan proses bisnis melalui pengumpulan data, untuk kemudian merancang sistem yang efektif demi mencapai tujuan perusahaan.

Meskipun tingkat kompleksitasnya tidak se dalam mahasiswa Teknik Informatika, mahasiswa Sistem Informasi tetap mempelajari algoritma komputasi. Ini karena Jurusan Sistem Informasi adalah gabungan antara ilmu komputer dan manajemen bisnis. Untuk menguasai ilmu komputer, mahasiswa Sistem Informasi perlu memahami algoritma dan pemrograman. Namun, tujuan pembelajarannya adalah untuk mengelola, memanfaatkan, dan mengembangkan teknologi informasi dalam konteks organisasi atau perusahaan. Oleh karena itu, mahasiswa Sistem Informasi juga mempelajari prinsip manajemen, administrasi bisnis, sistem informasi keuangan, akuntansi, sistem perusahaan, digital marketing, dan sebagainya.

Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Pakar:

Para Pakar memiliki definisi yang berbeda mengenai sistem informasi.

  • Mc Leod menganggap sistem informasi sebagai sistem yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber dan menggunakan berbagai media untuk menampilkan informasi.
  • Erwan Arbie berpendapat bahwa sistem informasi adalah sistem dalam sebuah organisasi yang mengakomodasi kebutuhan pengolahan transaksi harian, bantuan, dan dukungan operasional. Sistem ini memiliki sifat manajerial dalam organisasi dan membantu dalam menyediakan laporan yang diperlukan.
  • O’Brien menyebutkan bahwa sistem informasi adalah kombinasi dari unit-unit yang dikelola oleh orang-orang, perangkat keras, perangkat lunak, jaringan komputer, komunikasi data, dan basis data. Sistem ini mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi mengenai organisasi.

Jenis-jenis Sistem Informasi:

  1. Sistem Informasi Manajemen (SIM), ditujukan untuk kegiatan manajerial dalam suatu organisasi.
  2. Sistem Informasi Akuntansi (SIA), berkaitan dengan sistem akuntansi suatu organisasi untuk memantau kondisi keuangan.
  3. Sistem Informasi Keuangan, digunakan untuk mengatur keuangan perusahaan dan terintegrasi dengan Sistem Informasi Akuntansi.
  4. Sistem Informasi Manufaktur, mendukung kegiatan produksi dan manufaktur dalam suatu organisasi.
  5. Sistem Informasi Sumber Daya Manusia, mengelola informasi terkait sumber daya manusia dalam organisasi.
  6. Sistem Informasi Pemasaran, mencakup pengumpulan, analisis, dan pengelolaan informasi terkait kegiatan pemasaran.
  7. Sistem Informasi Eksekutif, digunakan oleh para eksekutif dalam suatu perusahaan untuk memfasilitasi aliran informasi dari divisi bawah ke tingkat eksekutif.

Komponen-komponen dari sistem informasi meliputi input, model, output, teknologi, basis data, dan pengendalian untuk memastikan sistem berjalan dengan baik.

Peluang Karir Lulusan Sistem Informasi

Lulusan Jurusan Sistem Informasi sangat dicari di era digitalisasi saat ini. Mereka dibutuhkan untuk menganalisis data besar (big data), membangun dan mengembangkan website perusahaan, dan menjembatani kebutuhan teknologi informasi dengan tujuan bisnis perusahaan. Program Studi Sistem Informasi ITB Tuban menawarkan tiga bidang konsentrasi, yaitu Analis Data Bisnis, Sistem Informasi Bisnis, dan Pemrograman Seluler dan Website. Setiap konsentrasi memberikan keterampilan khusus dalam bidang Teknologi Informasi & Komunikasi.

Lulusan Sistem Informasi ITB Tuban memiliki berbagai peluang karir, seperti technopreneur, manajer proyek, analis sistem, pengembang web atau seluler, konsultan TI, auditor TI, analis bisnis, perancang multimedia, dan perancang antarmuka pengguna. Mereka dapat bekerja di berbagai sektor, termasuk perusahaan komersial, manufaktur, penelitian dan pendidikan, organisasi pemerintah dan nirlaba, dan banyak lagi. Mata kuliah di Program Studi Sistem Informasi ITB Tuban dirancang untuk mempersiapkan lulusan dengan keterampilan kunci dalam bidang SI, termasuk algoritma dan pemrograman, interaksi manusia komputer, manajemen keuangan perusahaan, analisis dan desain sistem, dan lain-lain. Dosen-dosen Program Studi Sistem Informasi ITB Tuban adalah para ahli dengan gelar Magister dan Doktor dari universitas terkemuka. Fasilitas pembelajaran mutakhir juga mendukung proses belajar mahasiswa.

Ikuti Media ITB Tuban di:

Author

ITB Tuban

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *