Over 10 years we helping companies reach their financial and branding goals. Onum is a values-driven SEO agency dedicated.

CONTACTS
Kaprodi SI ITB Tuban

Prodi Sistem Informasi

5/5
Sekilas

Jurusan Sistem Informasi merupakan salah satu jurusan dalam bidang ilmu komputer yang berfokus pada pengembangan dan penerapan teknologi informasi dalam konteks bisnis dan organisasi. Jurusan ini mengintegrasikan unsur-unsur teknologi informasi, manajemen, dan analisis bisnis untuk menciptakan solusi informatika yang efisien dan efektif.

Jurusan Sistem Informasi memberikan mahasiswanya pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola sistem informasi, mengembangkan perangkat lunak, manajemen proyek TI, analisis bisnis, basis data, keamanan informasi, serta strategi dan inovasi teknologi. Melalui kombinasi ini, mahasiswa jurusan Sistem Informasi mempelajari cara memahami kebutuhan bisnis, merancang sistem informasi yang sesuai, menerapkan solusi teknologi inovatif, dan mengoptimalkan pemanfaatan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan yang optimal.

1. Fokus pada Integrasi Teknologi dan Bisnis:
Jurusan ini mengajarkan cara menggabungkan teknologi informasi dengan proses bisnis dan organisasi. Hal ini memungkinkan lulusan untuk memiliki pemahaman yang mendalam tentang bagaimana teknologi dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam lingkungan bisnis.

2. Keterampilan Manajemen Proyek TI:
Mahasiswa Sistem Informasi dibekali dengan keterampilan dalam mengelola proyek-proyek teknologi informasi. Ini termasuk perencanaan, pengorganisasian, dan pelaksanaan proyek TI yang kompleks, yang merupakan keterampilan kunci di dunia industri IT.

3. Pengembangan Perangkat Lunak:
Jurusan ini memberikan pelatihan yang kuat dalam pengembangan perangkat lunak. Mahasiswa mempelajari berbagai bahasa pemrograman dan metodologi pengembangan perangkat lunak yang relevan dengan kebutuhan industri.

4. Analisis Bisnis yang Mendalam:
Mahasiswa diajarkan untuk menganalisis kebutuhan bisnis dan merancang solusi informasi yang tepat. Mereka dapat mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah bisnis dengan menggunakan teknologi informasi sebagai alat bantu.

5. Kemampuan dalam Manajemen Basis Data:
Jurusan Sistem Informasi memberikan pengetahuan mendalam dalam merancang, mengelola, dan memelihara basis data. Ini penting untuk menyimpan dan mengelola informasi organisasi dengan efisien.

6. Pemahaman tentang Keamanan Informasi:
Mahasiswa mempelajari aspek keamanan informasi, termasuk perlindungan data dan sistem dari ancaman keamanan. Ini krusial dalam era digital di mana keamanan informasi menjadi prioritas utama.

7. Fleksibilitas Karir:
Lulusan Sistem Informasi memiliki berbagai peluang karir di berbagai industri, termasuk teknologi, konsultasi bisnis, keuangan, kesehatan, dan sektor publik.

8. Kesempatan untuk Berkontribusi pada Inovasi Teknologi:
Jurusan ini mempersiapkan mahasiswanya untuk terlibat dalam pengembangan dan penerapan teknologi inovatif yang dapat membawa dampak positif bagi organisasi dan masyarakat.

Dengan keunggulan-keunggulan ini, lulusan Jurusan Sistem Informasi memiliki pondasi yang kuat untuk berkembang dan sukses dalam industri teknologi informasi dan bisnis.

Menjadi perguruan tinggi yang menghasilkan karya unggul dan berperan aktif dalam pengembangan teknologi informasi nasional pada tahun 2035

  • Menghasilkan lulusan yang unggul dan berbudi pekerti luhur yang dapat berkontribusi dalam pembangunan nasional. Bidang keilmuan Informatika yang menjadi fokus adalah sistem cerdas.
  • Menghasilkan karya Tridharma Perguruan Tinggi yang bermutu dan bermanfaat bagi masyarakat.
  • Memberikan layanan pendidikan tinggi yang prima dengan berdasarkan prinsip pengelolaan organisasi yang transparan, akuntabel, responsibel, adil dan kredibel.
  • Mewujudkan ITB Tuban sebagai kampus merdeka.
Terdapat 4 profil lulusan di Program Studi Sistem Informasi, yaitu IT Auditor, IT Project Manager, Business Analytics, dan Digital Entrepreneur. Pembentukan profil lulusan ini dibentuk berdasarkan kurikulum ACM, panduan kurikulum APTIKOM, dan kesepakatan Koordinator Prodi SI yang mengacu pada AISINDO (Association For Information Systems Indonesia). Dimana, pembentukan profil lulusan tersebut juga diperkuat oleh kepakaran dosen di Prodi SI.