Over 10 years we helping companies reach their financial and branding goals. Onum is a values-driven SEO agency dedicated.

CONTACTS
Haya Nur Safa’atin, S.M.,M.M

Haya Nur Safa’atin, S.M.,M.M

Kaprodi Kewirausahaan

Prodi Kewirausahaan

5/5
Sekilas

Program studi kewirausahaan bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan untuk menciptakan dan mengelola bisnis mereka sendiri atau memperoleh pekerjaan di bidang kewirausahaan. Pembinaan keterampilan kreatifitas dan karakter menjadi fokus penting dalam program ini. Mahasiswa belajar tentang pemasaran, manajemen keuangan, pembuatan rencana bisnis serta sumber daya manusia.

Program studi ini didasarkan pada meningkatnya minat untuk menjadi pengusaha yang sukses dan memberikan kepercayaan diri pada mahasiswa untuk memulai bisnis mereka sendiri. Pendidikan kewirausahaan memberikan keterampilan dasar untuk mengidentifikasi peluang bisnis, membuat rencana bisnis, dan memasarkan produk atau jasa.

1. Sistem Pendidikan

Kewirausahaan ITB Tuban memiliki beberapa mata kuliah yang menjadi modal utama bagi para mahasiswa untuk membangun bisnis mereka. Beberapa mata kuliah Program Studi Kewirausahaan tersebut adalah Ilmu Start-up, Entrepreneurship, Family Business,  Intrapreneur dan Bisnis Waralaba. Selain itu, program unggulan kampus ITB Tuban adalah mata kuliah change maker, yang mana implementasi dari mata kuliah ini adalah para mahasiswa mampu mempersiapkan diri untuk menciptakan bisnis yang sukses, menjalankan bisnis keluarga yang berkelanjutan, serta menjadi inovator yang mampu memecahkan masalah di dalam perusahaan tempat mereka bekerja. Selain itu, mata kuliah ini juga memperkenalkan mahasiswa pada konsep-konsep kunci seperti kewirausahaan, manajemen sumber daya manusia, kepemimpinan, teknologi, dan pemasaran dengan hal ini mahasiswa mampu melakukan perubahan yang efektif dalam masyarakat dan organisasi. Dengan adanya konsep tersebut sangat penting terutama jika mahasiswa ingin membangun karir yang sukses di industri yang kompetitif seperti dunia bisnis.

2. Metode Pembelajaran

Program Studi Kewirausahaan ITB Tuban merupakan program studi yang inovatif dan menawarkan pembelajaran yang holistik bagi para mahasiswa. Salah satu keuntungan utama dari program studi ini adalah adanya kunjungan bisnis ke beberapa tempat usaha dan bisnis di daerah Tuban. Dalam kunjungan ini, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman langsung yang sangat berharga dari para pebisnis yang berpengalaman dan sukses dalam industri mereka. Selain itu, mahasiswa juga akan belajar tentang bagaimana berbagai jenis bisnis dikelola dan bagaimana mereka dapat memperkenalkan inovasi dan perubahan di dalam bisnis mereka. Semua pengalaman ini sangat berguna bagi mahasiswa dalam membantu mereka mengembangkan keterampilan wirausaha mereka dan mempersiapkan mereka untuk memasuki dunia bisnis yang kompetitif.

Mewujudkan pusat pendidikan kewirausahaan terkemuka berbasis digital yang kompetitif, kreatif, inovatif serta menghasilkan lulusan yang terampil dalam bidang entrepreneur berdaya saing di era revolusi industri 4.0 pada tahun 2040.

  • Menghasilkan lulusan pendidikan tinggi yang berkompeten dan berkualitas global, yang memahami dan mempraktekkan nilai-nilai kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari dan bekerja di lingkungan yang berbudaya.
  • Menyelenggarakan penelitian dalam rangka mengembangkan dan mengaplikasikan ilmu kewirausahaan dalam menciptakan iklim akademik yang kondusif dan sesuai dengan permintaan masyarakat.
  • Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat di bidang kewirausahaan untuk menciptakan ide usaha baru, inovasi dan bisa diterapkan.
  • Menciptakan pusat layanan dan inovasi di bidang teknologi dan bisnis, yang menghasilkan produk terapan dan solusi yang memiliki daya saing di pasaran global.
  • Meningkatkan pengembangan karakter para mahasiswa dan lulusan sebagai penggerak perubahan sosial dan pemberdaya masyarakat.
  • Memperkuat manajemen perguruan tinggi berbasis teknologi informasi dan komunikasi, agar menciptakan lingkungan akademis yang kondusif dan merdeka, dan menghasilkan tata kelola yang baik dan berkualitas dalam mengelola perguruan tinggi.
  • Intrapreneur
  • Entrepreneurship dan Business Start-up
  • Bisnis Waralaba
  • Family Business
  • Konsultasi Bisnis
  • Investor atau pemodal
  • Pelaku Bisnis yang Beretika dan Bertanggung Jawab Sosial
  • Pengajar Instruktur Pada Pendidikan Formal Maupun Pendidikan Nonformal