Over 10 years we helping companies reach their financial and branding goals. Onum is a values-driven SEO agency dedicated.

CONTACTS
Artikel

Jurusan Bisnis Digital: Menyongsong Era Bisnis Berbasis Teknologi

Jurusan Bisnis Digital: Menyongsong Era Bisnis Berbasis Teknologi

ITB Tuban – Perkembangan teknologi dalam beberapa tahun terakhir telah melahirkan banyak peluang bagi para pebisnis. Banyak perusahaan akhirnya berlomba-lomba untuk terjun ke dunia digital dengan membuka e-commerce. Hal ini mengakibatkan peningkatan permintaan untuk lulusan bisnis digital.

Bagi Anda yang ingin menjadi incaran para perusahaan setelah lulus nanti, jurusan bisnis digital bisa menjadi pilihan yang tepat. Apa itu sebenarnya jurusan bisnis digital? Apa saja yang dipelajari, dan bagaimana prospek kerjanya? Temukan jawabannya di artikel berikut!

Apa Itu Jurusan Bisnis Digital?

Jurusan Bisnis Digital adalah bidang studi yang mempelajari segala hal tentang cara merancang bisnis yang dikembangkan menggunakan teknologi digital. Jurusan ini merupakan perpaduan dari ilmu bisnis, manajemen, sistem informasi, hingga teknik informatika.

Kehadiran jurusan bisnis digital sejalan dengan tantangan bisnis masa depan yang akan didominasi oleh sistem digital. Dengan kata lain, jurusan ini dikembangkan untuk mempersiapkan sumber daya manusia di bidang penguasaan startup digital, marketplace, big data, hingga kecerdasan buatan sehingga memerlukan kajian terstruktur, mendalam, dan berkelanjutan untuk merumuskan strategi bisnis yang tepat.

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Bisnis Digital?

Jurusan Bisnis Digital mencakup banyak bidang, sehingga mata kuliah yang dipelajari di sini pun sangat beragam. Di jurusan ini, Anda akan mempelajari teori dasar terkait bisnis secara umum. Misalnya pengantar bisnis, manajemen, perilaku konsumen, dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, di jurusan bisnis digital, Anda akan mendapatkan ilmu menarik yang berkaitan dengan startup digital, big data, hingga kecerdasan buatan (AI). Selama masa perkuliahan, tentunya Anda akan banyak mempelajari tentang ilmu e-commerce, pengalaman pengguna, manajemen media sosial, hingga pemrograman.

Apa Saja Mata Kuliah yang ada di Jurusan Bisnis Digital?

  • Pengantar bisnis
  • Pemasaran internet
  • Akuntansi manajemen
  • E-marketing & E-crm
  • Pengembangan web komputer
  • Sistem informasi akuntansi
  • Analisis perilaku konsumen
  • Manajemen strategi
  • Pengembangan produk
  • Industri fintech
  • dan lain sebagainya

Mengapa Anda Harus Memilih Jurusan Bisnis Digital?

Belajar Ilmu “Zaman Now”

Dalam beberapa tahun terakhir hingga beberapa tahun ke depan, perkembangan bisnis digital, seperti e-commerce, berkembang sangat pesat. Berbagai jenis bisnis berpotensi untuk merambah dunia digital.

Di jurusan bisnis digital, Anda akan mempelajari berbagai ilmu bisnis terkini, seperti bisnis e-commerce, analisis bisnis digital, ekonomi digital baru, dan banyak lagi.

Sebagai Bekal Menghadapi Revolusi 4.0

Apakah Anda tahu bahwa Indonesia menempati posisi ke-5 sebagai negara dengan jumlah startup terbanyak, yaitu sekitar 2044 startup? Indonesia berada di bawah Amerika, India, Inggris, dan Kanada.

Dengan memilih jurusan bisnis digital, secara tidak langsung Anda membekali diri dengan ilmu bisnis digital. Sehingga Anda akan lebih siap untuk ikut ambil bagian dalam tren revolusi industri 4.0.

Bekal untuk Merintis Bisnis Sendiri

Jika Anda memiliki jiwa wirausaha, maka jurusan bisnis digital sangat cocok karena ilmu yang didapatkan dapat dijadikan bekal untuk merintis bisnis sendiri. Pendidikan yang berbasis digital ini dapat digunakan untuk memasarkan sebuah produk dengan tepat.

Tentunya, dengan memanfaatkan internet yang saat ini sangat penting. Dengan pemahaman bisnis digital, usaha yang akan Anda jalankan dapat mencapai tingkat internasional.

Lulusannya Banyak Dicari Perusahaan

Dengan perkembangan dunia digital yang begitu pesat dan banyak perusahaan yang berlomba-lomba beralih ke digital, maka tidak heran jika lulusan bisnis digital banyak dicari oleh perusahaan. Ilmu yang Anda peroleh di jurusan bisnis digital akan sangat berguna bagi perkembangan perusahaan. Setelah lulus, Anda dapat memilih untuk membuka usaha sendiri atau bekerja di perusahaan besar.

Prospek Kerja Jurusan Bisnis Digital

Pebisnis Online

Jika Anda memiliki passion dalam membangun dan mengelola bisnis, profesi sebagai pebisnis online sangat cocok untuk Anda. Dengan pengetahuan bisnis digital yang Anda peroleh selama kuliah, Anda akan lebih mudah membangun bisnis, khususnya bisnis online. Teknologi internet memungkinkan pebisnis untuk menjangkau pasar yang lebih luas, lebih fleksibel, dan lebih hemat biaya.

Digital Marketer

Prospek kerja pertama untuk lulusan jurusan bisnis digital adalah menjadi seorang pemasar digital. Profesi ini merupakan salah satu yang banyak dicari saat ini.

Sebagai seorang pemasar digital, Anda akan bertugas untuk menjalankan strategi pemasaran di berbagai kanal digital perusahaan, seperti website, e-commerce, media sosial, dan lain-lain.

Konsultan Bisnis

Seorang konsultan bisnis bertugas memberikan saran kepada pelaku usaha terkait kegiatan bisnis yang tengah dijalankan, khususnya pada bisnis digital. Selain itu, profesi ini juga membantu klien dalam mengidentifikasi masalah-masalah yang sedang dihadapi sekaligus merumuskan solusi serta mendampingi klien membuat perencanaan bisnis. Nah, jika Anda lulusan jurusan bisnis digital yang ingin turut andil dalam perkembangan suatu perusahaan, ini adalah pilihan yang tepat.

Pengembangan Bisnis

Menjadi lulusan jurusan bisnis digital juga bisa membawa Anda menjadi seorang pengembang bisnis. Profesi ini bertugas melakukan pengembangan pasar dan hubungan bisnis.

Untuk menjadi seorang pengembang bisnis, Anda harus mampu menciptakan dan menemukan peluang baru untuk mengembangkan bisnis. Oleh karena itu, seorang pengembang bisnis perlu memahami seluk-beluk pemasaran, negosiasi, analisis, hingga manajemen keuangan.

Manajer Produk

Manajer produk adalah orang yang bertanggung jawab penuh atas sebuah produk, mulai dari proses perencanaan, pengembangan, hingga pemeliharaan. Selain itu, Anda juga akan bertugas untuk mengidentifikasi produk potensial, melakukan riset pasar, menentukan spesifikasi, menetapkan jadwal produksi, menetapkan harga produk, dan terlibat dalam mengembangkan strategi pemasaran.

Ikuti Media ITB Tuban di:

Author

ITB Tuban

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *